V-Belt broken – Lanjutan

Setelah beberapa hari kemarin dilakukan penggantian V-Belt, Pulley camshaft, tensioner atas dan bawah, masih ada juga problem yang muncul. Problem pertama adalah vbelt ternyata masih meleset 1 grid dari pulley power steering. Halah, sudah ganti tensioner kok masih mleset. Kecurigaan akhirnya ditujukan pada posisi pompa power steering yang dudukannya tidak segaris dengan pulley2 di bawahnya, sehingga vbelt menjadi tidak segaris / miring dan ketika mesin jalan vbelt “memaksa” untuk segaris dengan jalur2 dibawahnya.

Cek dudukan pompa, ternyata ada beberapa ring “illegal” yang terpasang di antara baut dengan pompa, sehingga posisi pompa sedikit lebih mundur. Sepertinya owner sebelumnya pernah melepas pompa dan mengalami masalah dengan melesetnya vbelt dari jalur, sehingga perlu diganjal dengan ring tambahan.

Setelah di-adjust jumlah ring yang terpasang, vbelt tidak meleset lagi.

Problem lainnya yaitu suara cicitcuit kalau mesin dijalankan. Suara cicicuit muncul dari arah pompa power steering. Kecurigaan pertama tertuju pada vbelt yang kemungkinan kering dan membutuhkan sedikit pelumasan. Setelah dilakukan pelumasan, memang suara itu hilang, namun muncul kembali setelah beberapa menit, terutama jika gas diatas 2000rpm, dan di antara pullet power steering dan pulley AC, vbelt mengalami vibrasi yang kelihatannya lumayan juga jaraknya.

Kecurigaan mengarah pada vbelt yang diragukan kualitasnya. Memang saya tidak membeli vbelt yang asli dengan logo Peugeot di bungkusnya. Saya pikir semua vbelt yang diproduksi untuk 306 sama. Ternyata tidak ya hehehe ..
Dari bengkel disarankan untuk menggunakan pelumas khusus vbelt dengan kemasan warna hitam yang ada dipasaran. Namanya lupa. yang jelas tidak disarankan menggunakan WD40, grease / gemuk, dll selain pelumas “itu” yang berbentuk semprotan seperti WD40.

Terus terang pikiran masih penasaran dan tangan masih gatel dengan kondisi cicitcuit yang muncul. Mosok mobil sekeren Peugeot 306 warna silver bunyi cicitcuit sepanjang jalan. Gengsi dooong .. (alm. Dono mode : on)

Dengan bantuan sang Bapak yang dulu juga terbiasa pegang mobil eropa : Fiat ! (mmh .. beda yaa .. ) dan feeling ngopreknya yang luar biasa dahsyat (meskipun dulu PNS, tapi sudah berpengalaman 50an tahun ngoprek mekanik), akhirnya nekat nyoba meng-adjust lagi ring yang terpasang di pompa power steering. hasilnya Alhamdulillah suara cicitcuit itu langsung hilang.

Matur nuwun nggih Pak, sekarang aku tahu manfaat pegangin senter sewaktu Bapak ngoprek Fiat 1100 Bapak … (terharu)


Tinggalkan Balasan