Silicon Sealant untuk body motor

Sudah bertahun-tahun motor Shogun ijo milik saya mengabdi selama di Semarang. Selama di Semarang juga, motor itu sudah jadi kaki ke mana-mana mulai dari dalam kota sampai ke luar kota, terjauh adalah ke Wonosobo. Khusus di Semarang, bukan hanya jadi kaki, tapi jadi perahu juga, terutama pas ke pelabuhan (orang Semarang pasti tahu lah) atau jadi kendaraan pacul saat di kawasan industri Terboyo.

Setelah hampir 10 tahun mengabdi di Semarang dan sangat minim perawatan, sekarang saatnya membalas jasa si Shogun. Perawatan pertama adalah masalah bodywork. Adalah masalah umum motor yang menggunakan bahan body plastik untuk umur di atas 5 tahun pasti sudah mulai kendor semua, di RPM tertentu pasti terdengar berisik gesekan antar body yang kurang kencang. Penggantian sekrup tidak menyelesaikan masalah, karena seting pengunci antar body sudah pecah karena getas. Kalau saya lihat, ada yang menggunakan Cable Ties (tapi harus melobangi body) bahkan sempat jadi tren sisa ties tidak dipotong biar seperti ada antena / sungutnya. Ada juga yang diganjel pakai karet ban dalam motor atau kertas dilipat2 (metode yang ini yang saya pakai selama ini, apalagi yang ganjel kertas 😀 )

Dan inilah solusinya.

Silicone Rubber Sealant. Silikon memang berguna selain untuk implan “you know what I mean”, yang berbentuk lem ini biasa dipakai akuarium, atau yang warna orange / hitam untuk sealant mesin / pengganti perpak antar mesin. Sedang yang saya pakai adalah yang untuk akuarium. Harganya cuma sekitar 9rb – 10rb yang kecil.

IMAG1956

Cukup dilem saja bagian bodi yang saling bersinggungan dengan bodi yang lain. Keduanya saya lem semua. Sebelum semua bodi dipasang kembali, pastikan semua lem sudah kering, sehingga bodi tidak dilem, tapi cuma diberi pengganjal silikon.

IMAG1949

IMAG1951

bagian ekor di Shogun juga sering bunyi. Kalau di sisi ini, orang2 paling banyak dilakban warna item yang biasa untuk njilid buku 😀

IMAG1954

IMAG1955

Demikian. Jadi prinsipnya hanya mengganti ganjal dengan Sealant Silicon, yang sifatnya lebih tahan cuaca, lentur, tidak berubah bentuk.


Tinggalkan Balasan