Rubber tape hancur

Beberapa hari yang lalu ketika saya ditugaskan untuk melakukan penggantian antena radio di Solo, untuk memperbaiki kualitas sinyal, alangkah kagetnya melihat seal / isolasi antara kabel coax ke ODU (Out Door Unit) dan seal / isolasi dari kabel coax ke antena OMNI mengalami retak-retak / pecah karena isolasi yang terbuat dari karet tersebut kering yang kemungkinan disebabkan karena cuaca, terkena panas dan air hujan.

bal_1.jpg

bal_2.jpg

Kondisi serupa pernah saya alami sewaktu melakukan penggantian antena di sisi customer di kota yang sama.

mul_1.jpg

Kebetulan memang untuk instalasi awal bukan saya yang melakukan instalasi, namun dari informasi Godril, instalasi tersebut menggunakan rubber tape 3M juga, yang biasanya dipakai : Scotch® 23 Rubber Splicing Tape

26-02.jpg

Sewaktu kondisi isolasi tersebut hancur, memang tidak menyebabkan menurunnya kualitas sinyal dari radio. Turunnya kualitas sinyal radio memang disebabkan karena kondisi geografis dan kemampuan radio tersebut. Namun jika tidak diantisipasi, tinggal menunggu waktu memburuknya kualitas sinyal radio yang disebabkan karena masuknya air kedalam konektor ODU dan antena atau karena tingginya kelembaban dalam konektor.

Bisa jadi hancurnya isolasi tersebut karena perubahan cuaca yang tidak dapat ditoleransi oleh rubber tape, atau kemungkinan lain rubber tape nya plasu.


2 Comments

  • ahmad

    16 Juli 2008

    Dear Mas Dilar Darmawan,
    Salam kenal,senang membaca ulasan pada blog anda.saya tertarik dengan pengalaman mas untuk aplikasi rubber tape scotch 23 rubber.kebetulan saya bekerja dan menjadi technical service untk product ini di 3M Indonesia.
    Aplikasi pada terminal antena diatas,kelihatannya bermaksud untuk sealing atau water blocking.jika boleh saya memberi masukan, sesungguhnya scotch 23 tidak dimaksdukna untuk aplikasi water blocking atau moisture sealing, scocth rubber 23 sebetulnya didesain untuk splicing-atau penyambungan kabel, karena memliki electrical properties untuk kemampuan isolasi dari tegangan rendah hingga sambungan kabel tegangan menengah hingga 35KV(35,000 volt),telah banyak diaplikasikan di PLN untk sambungan kabel bawah tanah tegangan 20KV(20,000 volt).
    Scocth 23,berbahan dasar ruber tidak boleh diaplikasikan pada kondisi terpapar langsung sinar matahari-sinar UV matahari akan merusak rubber,menjadi pecah-pecah seperti yang mas temui pada aplikasi antena diatas.
    sebagai advice,sebainya pada aplikasi water blocking atau moisture sealing,adalah penggunaan rubber mastic sebagai sealing, lebih lunak dari scocth23,kemudian bagian luarnya ditutup vinyltape scocth 23 atau scocth 790, untuk melindungi rubber mastic tersebut dari sinar matahari.Vinyl tape secara material,memang didesain untuk tahan terhadap sinar UV dan temperature hingga 105 degC.
    demikian, jika mas masih mebutuhkan diskusi untuk aplikasi lain,dengan senang hati saya akan membantu.

    Reply
  • dilarion

    17 Juli 2008

    Terima kasih mas Ahmad atas infonya, sudah saya teruskan ke teman2. memang kasus itu aneh. saya memakai rubber tape Scotch 23 sudah bertahun2, tanpa vinyl sekalipun tidak pernah ada yang pecah2 seperti itu. baru sekali itu mengalaminya. mungkin memang leib baik melapisi dengan vinyl biar lebih awet.

    Reply

Tinggalkan Balasan