IMAG2150

Perbaiki Ventilasi Peugeot 306

Masalahnya adalah masuknya bau dari luar ke dalam kabin. Jadi kalau pas lewat tempat sampah, di belakang truk atau bahkan kalau lewat lobang gorong2 pun bau masuk ke dalam kabin, padahal jendela semua tertutup rapat dan pakai AC. Walaupun button sebelah AC nyala (yang menunjukkan saluran udara dari luar tertutup) tetap saja bau. Selain itu problem ini juga berarti AC di dalam kabin tidak optimal, karena udara luar banyak yang masuk. padahal udara luar bisa mencapai 40 derajat kalau dari pantauan termometer dashboard đŸ˜€

Dari informasi milis id_peugeot306@yahoo.com problem adalah motor untuk menutup saluran itu sudah KO. Untuk peugeot memang saluran tersebut dikendalikan oleh motor, beda sama mobil *uhuk* yang masih dikendalikan pakai tuas manual di dashboard yang bunyinya *jegluk*.

Dan berikut ini adalah petualangan saya :

Ini adalah peralatan yang diperlukan. Tidak banyak hanya obeng plus, kunci bintang 6, kunci inggris atau kunci pas (ukuran 12/13), tang potong untuk sedikit meng-‘abuse’, kawat

Buka kap mobil, langsung menuju ke grill bawah wiper depan penumpang. Copot 2 sekrup seperti di lingkaran bawah ini. lalu grill agak ditarik kebawah dilepas dari kaca mobil.

Lalu copot grill tsb sesuai dengan arah seperti di bawah ini. kap tetap terbuka, wiper tetap tertutup. sebelah kiri grill diturunkan ke bawah, sebelah kanan dikeluarkan dari body.

Ini penampakan dari sebelah mobil.

setelah grill lepas, copot 3 baut berikut.

Setelah plat besi tadi dilepas, sekarang copot lagi pengunci saluran udara. foto di bawah ini adalah foto ketika saluran udara sudah terpasang dan pengunci sudah diganti dengan kawat, karena pengunci asli yang terbuat dari plasti terpaksa dipotong karena susah sekali dilepas.

Kemudian lepas tali plastik pengait. Posisinya ada di atas saluran.

Lepas saluran udara ditarik ke arah kita.

Tadaa. flap saluran udara sudah kelihatan. kalau dilihat lebih detil, ada celah yang terbuka.

Saya coba on-off tombol saluran udara, sepertinya tidak ada perubahan. sepertinya motor sudah KO. sebenarnya pengen bongkar motornya, tapi sepertinya harus bongkar dari sisi dalam (dashboard) siapa tahu bisa dibongkar sendiri seperti pompa air wiper kemarin. next time saja.

Dibalik flap itu, ada kipas blower atau suction (entah mana yang bener), tapi saya lupa motretnya. Pantes saja, walaupun lewat gorong2 cuma 1 detik baunya langsung nyebar ke kabin. Bikin suudzon siapa yang kentut.

Ini foto setelah ditutup rapat. hanya butuh didorong sedikit, sampai terkunci sama karet pasangannya. kalau pengen lebih mantep mungkin bisa dipakai lem silikon. tapi sepertinya begitu saja sudah cukup.

ini gambar saluran udaranya.

Sebelum dipasang lagi, ada baiknya pangkal saluran udara yang dekat flap diberi lem silikon just in case kalau ada air dari atas nggak sengaja masuk, nanti bisa masuk ke dalam kabin juga (teorinya gitu mungkin). Silikon memang sahabat para pria.

demikian laporannya. total pengerjaan saya hanya 1 jam. pas bongkarnya sendiri cuma sekitar 20 menit. sisanya observasi sama pasang balik dan senyum2 puas.

 

UPDATE : untuk buka ventilasi dari sisi dalam mobil, bisa cek artikel ini : http://blog.dilarion.com/perbaiki-ventilasi-peugeot-306-by-om-rici/

 


2 Comments

  • MZ Ichsanudin

    20 Januari 2013

    Bagus informasi ini, bisa melakukan sendiri berarti efisiensi. Thanks. Salam,

    Reply
  • nasrul

    30 November 2015

    siiip infonya

    Reply

Tinggalkan Balasan