Silicone Rubber Sealant andalanku

Oprek Pompa Wiper

Musim hujan telah dimulai. Sekarang saatnya cek pendukung mobil yang berhubungan dengan hujan. Untuk si Pingsut sendiri masih ada PR yang beberapa bulan lalu belum dikerjakan : memperbaiki pompa air wiper. Saya pikir sederhana saja, mungkin karena kabel di bawah kendor, ternyata tidak. Masalahnya adalah karena banyaknya karat yang ada dalam motor pompa. Perlu sedikit perjuangan karena posisi pompa air wiper ada di bemper depan sisi sopir. Untuk melepasnya lebih baik membuka dulu fender (basa lokalnya : spakbor) roda kanan depan. Lokasi motor tepat berada di depan roda, dalam bemper.

Seperti diketahui untuk Peugeot sendiri soket2 powernya mengunakan soket yang sedikit berbeda dengan mobil Jepang, makanya saya eman kalau harus ganti dengan soket yang biasa. Dan didukung dengan rasa penasaran akhirnya saya coba untuk oprek sendiri.

Saya lepas pompa, tes menggunakan power DC, ternyata tidak jalan. Berarti memang pompanya yang bermasalah. Saya coba buka kepalanya (tutup sikat dinamo dan tempat soket) kemudian semprot menggunakan contact cleaner (bisa WD40) lalu amplas sedikit bagian2 yang berhubungan dengan brushtle dan besi2 yang ada karatnya. Setelah dicoba, pompa sudah normal kembali. Sebagai informasi tambahan, struktur motor ini gak beda jauh sama dinamo2 lainnya. Malah mirip sekali sama dinamo mainan Tamiya 😀 sangat sederhana.

Tapi sempat terjadi collateral damage juga, yaitu karet seal antara pompa dan tabung airnya sobek total. Akhirnya saya menggunakan jurus andalan Silicon Sealant untuk menggabungkan pompa dan tabung. Sisa karet seal masih bisa terpasang di tabung dan menggunakan Silicon Sealant untuk mencegah kebocoran. Selain itu, body dinamo dekat tutupnya (warna hijau) agak rusak, karena sedikit dipaksa ketika dibuka pakai obeng dan cutter. tapi bisa diatasi dengan sedikit dilapisi sealant.

Seal Tabung-Pompa Wiper
sisa sobekan seal Tabung-Pompa Wiper

 

Hari ini saya cek di internet ternyata pompa air wiper bentuknya sangat generik / umum dan karet sealnya pun sepertinya juga sama, mungkin tinggal ukuran lobang pompa dan lobang tabung. Beginilah kalau ngoprek tanpa cari referensi dulu.

PR tambahan, kapan2 cari seal yang cocok buat pompa dan tabung wiper.

Silicone Rubber Sealant andalanku
Silicone Rubber Sealant andalanku

Tinggalkan Balasan