Ganti Timing Belt

Sejak beli 306, belum tahu sejarah kapan ganti Timing Belt. menurut primbon, ganti timing belt 306 adalah setiap kelipatan 50.000 km. kebetulan sekarang sudah 152.000 (molor 2000km) jadi mending diganti.

setelah tanya sana sini, di toko Daihatsu timing belt dijual 150rb, tapi tidak ori. kalau di BERES harganya 205rb dijamin ori. akhirnya saya ambil yang ori.

ke bengkel non BeRes, ongkos ganti timing belt 150rb + perbaiki hand brake yang lepas kabelnya.

nah kalau sudah ganti timing belt gini ayem tentrem deh ati. hand brake juga kembali normal. kampas rem belakang dari laporan masih bagus.

reparasi berikutnya kemungkinan kaki2 depan yang agak gak nyaman, mungkin karet2nya atau balljoint nya.

Ternyata yang namanya timing belt bentuknya seperti ini to… lebih pendek dari yang aku bayangkan sebelumnya. Cuma berdiameter sekitar 30cm. bungkus plastik ada logo Peugeot-Citroen.

dsc04558_t.jpg

Ini kode2 yang nempel di plastiknya. hmm kode parts sama nama PT dealernya. PT. Karya Zirang Utama. Nama pembelinya kok gak ada ?

dsc04562_t.jpg

ini detil timing belt sisi dalam. rasanya bergerigi, dengan tekstur yang khas,terbuat dari bahan karet yang dicampur dengan bahan kimia x y z. pokoke rasane mak nyusss….

dsc04557_t.jpg


3 Comments

  • PanjanK The WildRose

    4 April 2008

    Kalo saya 40,000km atao 2 tahun pasti saya ganti. Tapi yang penting adalah perhatian kita sama perawatan yang menunjang panjang usia kendaraan kita ya..

    Reply
  • Tito

    6 April 2008

    Wah..pasti langsung mak nyus tuh om,
    saya lebaran kemaren sebelum mudik ke Semarang juga ganti timing belt + tensionernya. suara jadi lebih halus mungkin kemaren krn tensionernya udah kudu diganti juga.

    Reply
  • MZ Ichsanudin

    20 Januari 2013

    Yang pernah saya baca di maintenance book 206, penggantian timing belt adalah 80.000 km. Namun waktu 50.000 disarankan oleh KZU Semarang waktu itu untuk diganti. Saya manut saja.

    Reply

Tinggalkan Balasan