Database SQLite

Dari dokumentasi yang ada di Phonegap, ternyata menggunakan database web di mana akan ada keterbatasan besarnya data (max 5MB kalau tidak salah), jadi saya ngotot harus belajar pakai SQLite untuk database aplikasi dan sebagai awal belajar koneksi dengan database noSQL seperti couch dll di mobile, meskipun sebenarnya jauh berbeda dalam konsep menurut saya. Selain itu database SQLite dapat diketahui lokasi fisiknya dan dapat dibrowse dengan aplikasi SQLite browser yang ada di pasaran.

Lokasi tempat SQLite berada ada di {root}/data/data/{com.aplikasi.anda}/databases/databaseanda.db terus terang kalau memakai database web seperti dalam tutorial Storage Phonegap, saya belum bisa browse isinya.

Untuk plugin yang saya pakai adalah dari chbrody dapat didownload di GitHub di sini

stepnya :

  1. copy file SQLitePlugin.js ke dalam WWW. pastikan di dalam file index.html juga dimasukkan script untuk referensi ke file tersebut
  2. copy direktory src/com/phonegap/plugin/sqlitePlugin/SQLitePlugin.java ke direktory src (dimerge)
  3. tambahkan line berikut ke dalam plugins.xml :
<plugin name="SQLitePlugin" value="com.phonegap.plugin.sqlitePlugin.SQLitePlugin"/>

sebelumnya pernah mencoba menggunakan plugin dari Davibe, namun gara2 kurang teliti membaca, ternyata plugin tersebut baru hanya untuk IOS. dan Chbrody menyempurnakan untuk Android.


One Comments

  • Gamer

    15 Maret 2014

    Can u please provide a sample or example code of accessing database locally on android using phonegap and sqlite plugin..

    This is my email id:
    isoftgamez2014@gmail.com

    Thanks in Advance.

    Reply

Tinggalkan Balasan