Dilarion

blog o dilarion

Bongkar Brake Pad

disc_pad.jpg

Pada hari Sabtu long weekend, sudah seminggu sebenarnya ada bunyi aneh di pug 306. setiap di rem dalam pasti ada bunyi “sreeekkkk”. Seharusnya tahu kalau itu adalah bunyi brake pad yang bergesekan dengan disc brake. alias kampas rem habis dan perlu diganti. Tololnya diriku. Setelah dibongkar, ada sedikit baretan di disc brake bagian lingkaran terluar. OMG. Tololnya diriku.

disc_pad2.jpg

Ternyata mudah juga membongkar brakepad 306 sendiri. mm… maksudnya dengan bantuan Bapak yang aku hormati.Cukup dengan dongkrak (buat angkat mobil), kunci ring 19 (buat buka dudukan gelondong rem depan – apa istilahnya ?), kunci ring 10 (buat menurunkan tekanan olirem), tang, sudah bisa mengganti sendiri brakepad depan.

kunci.jpg

cukup dengan kunci 19 dan tang

lubang.jpg

Sekerup cuma ada 2 yang nempel ke chassis

kawat.jpg

Lepaskan dulu kawat penekan pad luar

dudukan_pad.jpg

dudukan pad dalam dan luar sama pistonnya

pad.jpg

pad bagian dalam + dudukan sensor dan pad bagian luar + scratch dengan disc brake 🙁

pad2.jpg

perbandingan ketebalan pad dalam dan luar. yang pad luar habis total, yang dalam masih sisa dikit. dengan ketebalan pad dalam seperti itu seharusnya jika mengerem maka sensor akan menyentuh disc brake, yang kemudian terhubung kabel ke lampu indikator di dashboard. tapi berhubung kabelnya putus tus, maka gak nyala sampai kapan pun.

sensor.jpg

demikian ngoprek rem cakram depan peugeot 306 kali ini. BTW kalau diganti dengan pad merek Bendix harganya di Solo 350rb untuk 2 pasang : kanan dan kiri. dan belinya harus 2 pasang itu juga. jadi otomatis rem depan kanan dan kiri diganti semua. kalau mau irit ya di rebil (Rebuild) dengan ongkos 40rb sudah jadi pad brake baru sepasang (luar n dalam) dengan sistem pakai paku keling bukan di lem. mengenai keamanan ya jangan pakai lama2, hanya untuk sementara saja.

6 thoughts on “Bongkar Brake Pad

  • PanjanK The WildRose
    13 Maret 2008 at 14.54

    Cakep nih…
    Yang penting dokumentasi sebelum dan sesudah perawatan wajib hukumnya, biar bisa manfaat buat kita2 semua

  • Bambang
    11 Juni 2008 at 13.38

    oh pug 306 ada sensor disk brake ya ?, indikatornya disebelah mana ya ?, kayannya ga ada ?.pug saya 306, N3 97. maklum newbie di pug. baru beli 3 minggu yg lalu. BTW, infonya bagus bener.., step by step ada foto lagi. tapi tetap aja sih, ay belum berani bongkar ndiri .., bongkar bisa, tapi tar ga bisa masang .:)

    Bambang

    • DANANsaja
      29 November 2016 at 05.17

      Mohon pencerahan om, beli kampas rem depan Bendix di Solo Toko apa ?

      • admin
        29 November 2016 at 06.17

        coba di Sarinah, perempatan tirtonadi. tapi dulu saya belinya TRW sih.

      • DANANSaja
        3 Desember 2016 at 14.33

        ok om. Maturnuwun

    • admin
      29 November 2016 at 06.19

      ada sensornya. ada colokan kabel di dekat disc brakenya. kalau indikatornya ada di dashboard panel. bentuknya bundar ada garis putus2 pinggirnya.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>